hai... blogger | Members area : Register | Sign in

ingin blog anda dapat iklan KLIK GAMBAR DIBAWAH INI !!!

Online Job for All. Work from home computer.

mikroskop


Mikroskop adalah suatu alat yang digunakan untuk melihat benda-benda yang tidak dapat dijangkau dengan mata telanjang. Benda-benda yang terlihat oleh mikroskop akan nampak lebih besar dari yang sebenarnya, dapat diperbasar berpuluh-puluh kali, prinsip kerja tersebut dilakukan oleh micrometer. Pada praktikum ini mikroskop yang digunakan afalah mikroskop cahaya. Mikroskop cahaya yang menggunakan dua sistem lensa dalam rangkaiannya untuk menggambarkan obyek disebut lensa majemuk. Lensa objektif menutup objek dan menghasilkan perbesaran gambar, lensa okuler dekat dengan mata dan memperbesar gambaran. Mikroskop Van leewenhoek merupakan mikroskop sederhana sebab hanya menggunakan satu lensa antara objek dan mata. Mikroskop binokuler mempunyai dua tempat untuk melihat. Ada beberapa mikroskop cahaya yang berbeda yaitu mikroskop medan terang, mikroskop medan gelap, mikroskop fase kontras, mikroskop diferensial interferensi kontras dan mikroskop fluoresen.
Dari hasil pengamatan praktikum ini objek yang diamati adalah jamur roti, jamur tempe dan ragi roti. Pada pengamatan ini kita menggunakan mikroskop untuk melihat atau mengamati mikroorganisme yang terdapat pada ragi roti, jamur roti dan jamur tempe. Mikroskop adalah suatu alat yang digunakan untuk melihat benda-benda yang tidak dapat dijangkau dengan mata telanjang, dan praktikum ini kita menggunakan mikroskop elektron
Pada pengamatan yang ke dua dengan menggunakan roti berjamur, dengan menggunakan perbesran 400x, ditemukan adanya kapang lengkap dengan tangkai spora, kotak spora dan sporanya, yang merupakan bagian terbesar suatu kapang secara potensial mampu untuk tumbuh dan berkembang biak. Inokulasi fragmen yang kecil sekali pada medium sudah cukup untuk memulai individu baru. Hal ini diperoleh dengan menamakan inokulum pada medium segar dengan bantuan jarum transfer, suatu cara yang digunakan pula oleh bakteri, hanya jarum ini lebih kaku dan ujungnya pipih agar dapat memotong miselium. Secara umum kapang dapat berkembang biak dengan cara seksual yang dihasilkan dengan peleburan nukleus maupun aseksual dengan menggunakan spora.
 Pada pengamatan terhadap ragi dengan menggunakan perbesaran 400x, ditemukan sel-sel khamir. Pada umumnya sel-sel khamir lebih besar dari pada kebanyakan bakteri, tetapi sel-sel khamir yang paling kecil tidak sebesar bakteri yang terbesar. Sel-sel khamir ini bersifat fakultatif artinya mereka dapat hidup baik dalam keadaan aerobik maupun dalam keadaan anaerobik. Sel-sel khamir dapat hidup dan tumbuh dalam suatu sustrat atau medium yang berisikan konsentrasi gula yang dapat menghambat pertumbuhan kebanyakan bakteri, sel-sel khamir juga dapat bertahan terhadap keadaan yang lebih asam dari pada mikrobe yang lain. Fase khamir timbul bila mana organisme ini hidup sebagai parasit atau patogen dalam jaringan.
Kemudian pada pengamatan permifan ini memakai perbesaran 400x, dengan menggunkan perbesaran ini dapat dilihat adanya sel-sel khamir. Jenis sel-sel khamir yang terdapat pada permifan ini, yakni Sacharomyces cereviceae. Sel-sel khamir memperbanyak diri dengan cara aseksual dengan tunas. Umumnya sel-sel khamir memiliki ukuran berkisar antara 1 hingga 5 µm lebarnya, dan panjangnya dari 5 µm atau lebih. Tetapi sel-sel khamir yang paling kecil tidak sebesar bakteri yang terbesar. Sel-sel khamir dapat hidup dan tumbuh dalam suatu sustrat atau medium yang berisikan konsentrasi gula yang dapat menghambat pertumbuhan kebanyakan bakteri, sel-sel khamir juga dapat bertahan terhadap keadaan yang lebih asam dari pada mikrobe yang lain. Morfologi khamir sangat beragam, sedangkan fase khamir timbul bila mana organisme ini hidup sebagai parasit atau patogen dalam jaringan. Sel-sel khamir ini bersifat fakultatif artinya mereka dapat hidup baik dalam keadaan aerobik maupun dalam keadaan anaerobik.

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger.....