hai... blogger | Members area : Register | Sign in

ingin blog anda dapat iklan KLIK GAMBAR DIBAWAH INI !!!

Online Job for All. Work from home computer.

epitel


Nama   : fendi riawan
Npm    : 10321317
Kelompok :

 Epithelium  Kompleks
Epitelium kompleks tersusun atas beberapa lapisan sel. Lapisan sel terbawah yang selalu membelah diri untuk mengganti sel-sel permukaan yang rusak disebut lapisan germinativa.
Berikut tabel Jenis-jenis jaringan epithelium kompleks beserta letak dan fungsinya
no
Jaringan
letak
fungsi
Bentuk jaringan
1
Epitelium
Pipih
 berlapis
Kulit, epidermis, rongga mulut, esofagus, laring, vagina, anus, dan rongga mulut
Proteksi dan penghasil mucus
Jaringan pipih berlapis banyak Jaringan Epitel pada Jaringan Hewan
2
Epithelium
Kubus
berlapis
Kelenjar keringat, kelenjar minyak, ovarium, dan buah zakar
Proteksi dan penghasil mucus
Jaringan kubus berlapis banyak Jaringan Epitel pada Jaringan Hewan
3
Epitelium
Silindris berlapis
Lapisan konjugativa, dinding dalam kelopak mata, laring, faring, dan uretra
Proteksi dan penghasil mucus, gerakan zat yang melewati permukaan, dan saluran sekresi kelenjar ludah serta kelenjar susu
Epitel Silindris Berlapis Banyak Epitel Kolumner Kompleks dan transisional Jaringan Epitel pada Jaringan Hewan
4
Epithelium transisional
Kantong kemih, uretra  dan pelvis ginjal
Menahan regangan dan tekanan


4. Epitel gepeng berlapis (Epithelium squmosum complex, stratified squamos epithelium).
Epitel ini lebih tebal dari epitel selapis. Bentuk gepeng pada sel epitel ini hanyalah sel-sel yang terletak pada lapisan permukaan, sedangkan sel-sel yang terletak lebih dalam bentuknya berubah. Sel-sel yang terletak paling basal berbentuk kuboid atau silindris melekat pada membrana basalis. Di atas sel-sel silindris ini terdapat lapisan sel yang berbentuk polihedral yang makin mendekati permukaan makin memipih.
Epitel ini cocok untuk fungsi proteksi, tetapi kurang cocok untuk fungsi sekresi. Jika pada permukaan epitel gepeng berlapis terdapat cairan, maka cairan tersebut bukan berasal dari epitel melainkan berasal dari kelenjar yang terdapat di bawah epitel.
Epitel jenis ini dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu :
v Epitel gepeng berlapis tanpa keratin
Epitel jenis ini terdapat pada permukaan basah, misalnya pada cavum oris, oesophagus, cornea, conjunctiva, vagina, dan urethra feminine.
http://blogs.unpad.ac.id/histologi/files/2010/07/nonkeratinized-stratified-squamous-31.jpg
v Epitel gepeng berlapis berkeratin
Struktur jenis ini mirip dengan epitel gepeng berlapis tanpa keratin, tetapi terdapat perubahan pada sel-sel permukaannya yang menjadi suatu lapisan yang mati dan tidak jelas lagi batas-batas selnya. Lapisan permukaan tersebut dinamakan lapisan keratin. Jenis epitel ini dapat ditemukan pada epidermis kulit.

Lapisan-lapisan sel pada epidermis kulit adalah sebagai berikut :
a. Stratum basale
Merupakan selapis sel berbentuk silindris pendek yang terletak pada lapisan paling bawah. Dalam sitoplasmanya terdapat butir-butir pigmen melanin.
b. Stratum spinosum
Lapisan ini terdiri dari beberapa lapis sel yang berbentuk polihedral. Pada pengamatan dengan menggunakan mikroskop cahaya terlihat seakan-akan sel-selnya berduri (spina) yang sebenarnya disebabkan adanya bangunan yang disebut desmosome. Adanya desmosome menyebabkan eratnya hubungan antar sel.
c. Stratum granulosum
Lapisan ini terdiri dari 2-4 lapis sel yang berbentuk belah ketupat dengan sumbu panjangnya sejajar permukaan. Di dalam selnya terdapat butir-butir keratohialin, oleh karena mulai lapisan ini terjadi perubahan-perubahan fisiologis.
d. Stratum lucidum
Lapisan ini terkadang tidak jelas karena tampak sebagai garis jernih yang homogen. Sebenarnya lapisan ini terdiri atas sel-sel tidak berinti yang telah mati dan mengandung zat eleidin dalam sitoplasmanya.
Merupakan lapisan teratas dari epidermis. Pada lapisan ini zat eleidin telah berubah menjadi keratin. Bagian terluar dari lapisan ini, terdapat bagian-bagian epidermis yang dilepaskan sehingga merupakan lapisan tersendiri yang disebut dengan Stratum disjunctum.


0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger.....