BAB 1
HASIL OBSERVASI LAPANGAN
SMA
Negri 1 Trimurjo,
Jln Karang Bolong 11F Simbar Waringin, Trimurjo
Nama
sekolah : MA Ma’arif 06 Seputih Raman
Kelas/ Semester :
XI IPA1 /Genap
Mata
pelajaran : Biologi
Setandar
Kopetensi : Menjelaskan struktur dan
fungsi organ manusia dan hewan tertentu,
kelainan dan penyakit yang mungkin erjadi serta impikasinya pada
sains,lingkungan, teknologi, dan masyarakat (salingtemas).
Kopetensi
Dasar : Menjelaskan mekanisme
pertahanan tubuh, terhadap benda asing berupa anti gen dan bibit penyakit.
Indikator : Siswa di harapkan dapat
menjelaskan
1.
Fungsi
system imun bagi tubuh
2.
Menantiasa
menjaga daya tahan tubuh dari serangan bibit penyakit
Guru :
Waktu : 07:40 - 09:00 WIB.
Hari/tgl : Senin,14 Mei 2011
1. Pra
Pembelajaran
a) Motivasi
Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta
didik diharapkan dapat menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan cara sistem
imun.
b) Tujuan
Pada
hari sabtu 14
Mei
2012,
Bapak
Sofingi
dan siswanya akan membahas tentang ” sistem imun ” dan sebelum memasuki materi beliau
menyampaikan tujuan yang akan dicapai oleh siswa.
c) Apresepsi
Setelah
Bapak
Sofingi
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, beliau memberikan
pertanyaan kepada Siswa-siswanya yang berkaitan dengan materi ini, yang bertujuan
untuk menkonstruksi
kembali memori yang telah dikuasai sebelumnya tengang system imun.
2. Penyajian
Informasi
a) pengurutan
Ø Kegiatan
awal
·
Bapak
Sofingi
mengawali
pertemuan dengan mengucap salam.
·
Bapak
Sofingi
memberi motivasi.
·
Bapak
Sofingi
menjelaskan maksud dan tujuan dari materi yang akan dipelajari.
·
Bapak
Sofingi
memberi apresepsi.
Ø Kegiatan
inti
·
Dengan sumber belajar dari buku biologi sma. Siswa diberi tugas : untuk menjawab soal yang telah diberikan dengan
berdiskusi yaitu “mengapa ada seseorang yang mudah sakit dan ada yang
jarang sakit”
·
Guru
membuat kelompok kecil yang terdiri dari 4 orang untuk menjawab pertanyaan
tersebut.
·
Siswa
kemudian berpresentasi didepan kelas menjelaskan hasil diskusi tersebut.
Ø Kegiatan
akhir
·
Ø
Metode
·
Ceramah,
·
Diskusi
yang disertai dengan tanya jawab.
b) Besaran
satuan pembelajaran.
2 x 45 menit
c) Penyajin
isi
Materi
disajikan secara langsung menggunakan straregi pembelajaran ekspositori.
Yaitu
Bahwa dalam proses belajar, Bapak
Setyohadi
menyajikan
isi materi dengan lisan dan sesekali juga menulis pada papan tulis. Setelah itu
Siswa ditugaskan untuk mengerjakan tugas pada buku paket .
d) Contoh-contoh
Pada proses belajar pada hari sabtu 14 Mei 2012, Bapak sofingi menggunakan conton
pada buku paket halaman 53;
dengan judul “sistem imun“.
3. Peran
Serta Peserta Didik
a) Latihan
Disini
Bapak
Setyohadi
memberikan soal latihan berupa uraian
singkat untuk mengartikan :
1)
I
2)
Iwas
very embarrassed
3)
I
was so ashamed
4)
How
ambarrasing
b) Balikan
Disini Bapak Setyohadi menunjuk (menanyai)
Siswa-siswanya,untuk Siswa yang dapat menentukan mengungkapkan rasa malu (expressing embarasent), dan
menanyakan jika seseorang marah (asking if someone is angry
dengan benar beliau memberikan nilai lebih. Dan bagi Siswa yang belum dapat mengungkapkan rasa malu (expressing embarasent), dan
menanyakan jika seseorang marah (asking if someone is angry)
beliau juga masih tetapi
memberikan nilai dan dorongan agar dapat selalu berlatih.
4. Pengetesan
a.
Pra
test
Disini Bapak Setyohadi mengadakan pengetesan
pada beberapa Siswa, yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan
Siswa-siswanya dalam mengungkapkan
rasa malu (expressing embarasent), dan menanyakan jika seseorang marah (asking
if someone is angry).
b) Pasca
test
Setelah pengetesan Bapak Setyohadi mendapatkan (mengetahui)
sejauh mana Siswanya dalam memahami materi ini.
Ternyata pada
pengamatan ini 85%
siswannya sudah dapat mengungkapkan
rasa malu (expressing embarasent), dan menanyakan jika seseorang marah (asking
if someone is angry).
4. Kegiatan tindak lanjutan
a) Pengkayaan
Pengkayaan dilakukan
setelah semua Siswa dapat dengan benar dalam mengungkapkan rasa malu (expressing embarasent), dan
menanyakan jika seseorang marah (asking if someone is angry).
, setelah semua itu Bapak Setyohadi menambahan wawasan
tentang bagaimana cara
mengungkapkan rasa malu (expressing embarasent), dan
menanyakan jika seseorang marah (asking if someone is angry).
.
BAB II
PENUTUP
Kesimpulan
Dari
hasil pengamatan kami
terhadap peroses pembelajaran di SMA
Negri 1 Trimurjo, Jln karang bolong 11F Simbar Waringin, Trimurjo
dapat disimpulkan bahwa Bapak
Setyohadi
menggunakan strategi pembelajaran ekspositori.
Setrategi pembelajaran ini
menekankan kepada proses bertutur. Materi pelajaran sengaja diberikan secara
langsung. Peran siswa dalam strategi ini adalah menyimak untuk menguasai materi
pelajaran yang di sampaikan. Bapak
Setyohadi
menyampaikan materi secara
langsung (verbal) kepada siswanya,dengan harapan siswa dapat mengusai materi
pembelajaran secara optimal.
Trimurjo , 1 Juni 2011
Mengetahui,
Kepala
SMA Negri 1 Trimurjo
Drs. Tri Hartoto
NIP
:1965121101992031004
|
Guru
yang diamati
Setyohadi BP.
S.Pd.
NIP:197110191998021001
|
0 komentar:
Posting Komentar