hai... blogger | Members area : Register | Sign in

ingin blog anda dapat iklan KLIK GAMBAR DIBAWAH INI !!!

Online Job for All. Work from home computer.

Faktor luar pada pertumbuhan



1.      Cahaya
Cahaya mutlak diperlukan sebagai sumber energi terbesar bagi makhluk hidup. Tumbuhan hijau memanfaatkan cahaya secara langsung dalam proses fotosintesis dan secara tidak langsung energinya dibutuhkan oleh hewan dan manusia.
Ahmad KhoirUmumnya cahaya merupakan faktor yang menghambat pertumbuh-an karena cahaya dapat menyebabkan translokasi hormon (regulator per-tumbuhan). Hal ini dapat dibuktikan dengan menempatkan dua pot kecambah, yang satu disimpan di tempat yang gelap dan yang satunya lagi disimpan di tempat yang terangatau banyak cahaya. dalam beberapa hari kecambah di tempat gelap lebih cepat tumbuh dengan ruas-ruas yang panjang, tetapi keadaannya lemah. Pertumbuhan yang cepat di tempatgelap ini disebut etiolasi.
2.      Fotoperiodisme
Lamanya penyinaran juga memengaruhi pertumbuhan. Di daerah subtropik, beberapa jenis tanaman termasuk tumbuhan hari panjang. Bunga mekar pada akhir musim panas, yaitu setelah tumbuhan mendapat penyinaran lebih dari 12 jam. Pertumbuhan vegetatif dan generatif suatu tumbuhan sangat dipengaruhi oleh lamanya penyinaran. Tanggapan suatu tumbuhan terhadap panjang pendeknya hari disebut fotoperiodisme. Cahaya juga merangsang pertumbuhan bunga. Ada tumbuhan yang berbunga pada hari pendek (lamanya penyinaran matahari lebih pendek daripada waktu malam). Ada pula tumbuhan yang berbunga pada hari panjang (lamanya penyinaran matahari lebih panjang daripada waktu malam). Hal ini berkaitan dengan aktivitas hormon fitokrom pada tumbuhan.
Sebagai contoh tanaman kol (BrassicaSp) di Indonesia tidak pernah berbunga. Akan tetapi, jika diberi cahaya dalam waktu yang lebih lama secara periodik, tanaman kol dapat tumbuh memanjang dan berbunga. Beberapa tumbuhan hari panjang dapat berbunga jika diberi Giberelin atau sitokinin.
3.      Suhu
Dengan percobaan dan pemeliharaan pertumbuhan dalam berbagai suhu, dapat diketahui pengaruh suhu terhadap proses tumbuh. Umumnya tumbuhan tidak tumbuh di bawah suhu 0rC dan di atas 40rC. Suhu yang dikehendaki atau yang baik bagi pertumbuhan adalah 20rC – 37rC. Untuk tumbuh normal pada habitatnya, makhluk hidup memiliki kisaran suhu tertentu, yaitu sebagai berikut.
1) Suhu minimum adalah suhu terendah. Pada suhu ini tum-buhan masih dapat tumbuh.  Suhu minimum untuk tum-buhan di daerah tropis adalah 10rC, sedangkan di daerah subtropis 5rC.
2) Suhu maksimum adalah suhutertinggi. Pada suhu ini tum-buhan masih dapat tumbuh.
3) Suhu optimum adalah suhu yang paling sesuai bagi pertum-buhan tumbuhan. Apabila suhu lingkungan suatu tumbuhan di bawah suhu minimum, segala aktivitas fisiologi tubuhnyaakan terhenti, dan ini disebut masa tidur (Dormansi), keadaan ini terjadi pada beberapa tumbuhan pada musim dingin di negara-negara yang memiliki 4 musim.
4.      Kelembapan
Kelembapan udara dan tanah sangat berpengaruh dalam proses pertumbuhan. Kelembapan udara memengaruhi proses penguapan air yang berkaitan dengan penyerapan unsur hara. Jika kelembapan udara rendah, penguapan akan besar sehingga penyerapan unsur hara pun makin banyak. Hal ini dapat memacu pertumbuhan

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger.....