hai... blogger | Members area : Register | Sign in

ingin blog anda dapat iklan KLIK GAMBAR DIBAWAH INI !!!

Online Job for All. Work from home computer.

pemecahan kasus kesulitan belajar


TUGAS KELOMPOK DIAGNOSA REMIDIAL PEMBELAJARAN
KELOMPOK 3
No
NAMA
NPM
1.
ASIH FITRIANA DEWI
10321294
2.
ASTRI WIJAYANTI
10321295
3.
ELIS NURYENI
10321311
4.
FITRI WULANDARI
10321320
5.
ISNA WATI
10321327
6.
LAILI RAHMAWATI
10321328
7.
LIA NANDIA LISTIAWATI
10321329
8.
PATRICIA LIA OCTAVIANTARI
10321345
9.
REZA MAHENDRA
10321352
                                               
Kasus 6 :
Andi adalah siswa kelas satu SMA, kesulitan yang dialaminya dalam pelajaran matematika. Dalam pelajaran sejarah dan biologi nialinya rata-rata. Dalam pelajaran bahasa inggris ia memperoleh nilai yang baik untuk “pronounciation” dan penangkapan pengertian dalam bahasa lisan, namun dalam membaca dan perbendaharaan kata ia lemah. Dalam pelajaran bahasa indonesia ia mampu berbicara amat lancar dan karangannya logis. Dalam olahraga andi amat baik, tetapi kurang agresif. Mengenai kebiasaan belajarnya dikelas andi sering melamun sehingga guru sering kali mengingatkan agar ia lebih memperhatikan pelajaran yang dihadapi. Tingkah laku andi secara umum memuaskan. Ayah andi ingin sekali anaknya lulus dengan prestasi cemerlang dan melanjutkan ke fakultas hukum. Setelah diberitahu prestasi andi yang kurang tersebut, ayahnya memberikan hukuman kepada andi. Dari kasus diatas analisa menggunakan prosedur diagnosa kesulitan belajar agar andi dapat dibantu.



Penyelesaian :
1.      Mengidentifikasi siswa atau mahasiswa yang diduga mengalami kesulitan belajar.
Ø  Menganalisa prestasi belajar :
Andi mengalami kesulitan belajar dalam pelajaran matematika
Ø  Menganalisa Perilaku andi           :
Mengenai kebiasaan belajarnya dikelas andi sering melamun sehingga guru sering kali mengingatkan agar ia lebih memperhatikan pelajaran yang dihadapi. Tingkah laku andi secara umum memuaskan, selain itu juga karena ayah andi ingin andi mndapatkan prestasi yang baik, maka andi merasa tertekan,
Ø  Hubungan social  :
kurangnya motivasi dari orang tua dan perhatian,  maka andi sering bersikap melamun terutama pada saat pembelajaran berlangsung sehingga andi sering mengalami kesulitan dalam belajar, selain itu juga hubungan sosial di dalam keluarga andi kurang begitu baik terutama di dalam komunikasi di dalam keluarga.
2.      Melokalisasi letak kesulitan belajar
Kesulitan belajar yang di hadapi andi di dalam bidang pelajaran
·         Bidang studi :
Matematika, Bahasa inggris dalam aspek membaca dan pebendaharaan kata kurang baik atau masih lemah, tetapi dalam Pelajaran olahraga cukup baik tetapi kurang agresif.
·         Aspek tujuan pembelajaran    :
Pada mata pelajaran biologi dan sejarah sudah mencapai tujun tetapi dalam mata pelajaran matimatika dan bahasa inggris belum mencapai tujuan pembelajaran.
·         Aspek materi atau bahan ajar  :
 materi atau bahan ajar yang di sampaikan guru kurang menarik sehingga andi melamun didalam kelas.

·   Aspek segi proses pembelajara
 kurang baik karena dilihat dari materi atau bahan ajarnya kurang menarik sehingga saat proses pembelajaran andi melamun.

3.      Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kesulitan belajar.
Faktor kesulitan belajar yang di hadapi oleh andi adalah:
1.      Faktor internal :
1.      Kurangnya minat
2.      Kurangnya motivasi
3.      Kurangnya keingintahuan
4.      Tidak memiliki pengetahuan dasar ( berhitung dan membaca)
2.      Faktor eksternal        :
1.      Lingkungan keluarga
·         Kurangnya motivasi dari orang tua,
·         Kurangnya perhatian dari orang tua,
·          Kurangnya komunikasi dari keluarga,
·         Adanya hukuman dari ayah.

4.        Memperkirakan alternatif pertolongan
Kesulitan belajar andi ini masih bisa ditolong, dengan cara:
§  Teknik
-          Wawancara,
-          Musyawarah,
-          Bimbingan,
-          Belajar kelompok
§  Kapan dan dimana teknik dilakukan:
-          Wawancara dilakukan pada hari selasa pukul 09.30-10.00
-          musyawarah dilakukan pada hari rabu pukul  09.00-selesai
-          Bimbingan dilakukan Saat proses  pembelajaran berlangsung, hari kamis pukul 07.15-08.45
-          Belajar kelompok dilakukan setelah pulang sekolah pukul 14.00-selesai
§  Siapa saja yang terlibat
-          Andi
-          Orang tua
-          Guru
-          Teman sekelas andi
§  Berapa lama
-          Teknik-teknik tersebut dilakukan selama 1 bulan

5.      Menetapkan kemungkinan teknik mengatasi kesulitan belajar
Menurut Kami teknik Yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi andi adalah dengan Wawancara, Musyawarah, Bimbingan, Belajar kelompok, sehingga dengan teknik tersebut kami dapat mengatasi permasalahan andi.

6.             Pelaksanaan pemberian pertolongan
1.      Guru memberikan penjelasan kepada orang tua andi, supaya orang tua tidak memberikan hukuman kepada andi.
2.      Guru memberikan motivasi dan kasih sayang yang lebih kepada andi agar andi tidak melamun didalam kelas
3.      Guru mengubah metode pembelajaran dengan semenarik mungkin sehingga lebih merangsang motivasi siswa dalam kelas.
4.      Guru menyarankan kepada teman-teman andi agar lebih memperhatikan dan memotifasi andi.
5.      Membuat strategi pembelajaran yang menuntut kerja kelompok atau memberikan tugas dirumah yang harus dikerjakan secara berkelompok

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger.....