TUGAS KELOMPOK DIAGNOSA REMIDIAL
PEMBELAJARAN
KELOMPOK
3
No
|
NAMA
|
NPM
|
1.
|
ASIH FITRIANA DEWI
|
10321294
|
2.
|
ASTRI WIJAYANTI
|
10321295
|
3.
|
ELIS NURYENI
|
10321311
|
4.
|
FITRI WULANDARI
|
10321320
|
5.
|
ISNA WATI
|
10321327
|
6.
|
LAILI RAHMAWATI
|
10321328
|
7.
|
LIA NANDIA LISTIAWATI
|
10321329
|
8.
|
PATRICIA LIA OCTAVIANTARI
|
10321345
|
9.
|
REZA MAHENDRA
|
10321352
|
Kasus
6 :
Andi
adalah siswa kelas satu SMA, kesulitan yang dialaminya dalam pelajaran
matematika. Dalam pelajaran sejarah dan biologi nialinya rata-rata. Dalam
pelajaran bahasa inggris ia memperoleh nilai yang baik untuk “pronounciation”
dan penangkapan pengertian dalam bahasa lisan, namun dalam membaca dan
perbendaharaan kata ia lemah. Dalam pelajaran bahasa indonesia ia mampu
berbicara amat lancar dan karangannya logis. Dalam olahraga andi amat baik,
tetapi kurang agresif. Mengenai kebiasaan belajarnya dikelas andi sering
melamun sehingga guru sering kali mengingatkan agar ia lebih memperhatikan
pelajaran yang dihadapi. Tingkah laku andi secara umum memuaskan. Ayah andi
ingin sekali anaknya lulus dengan prestasi cemerlang dan melanjutkan ke
fakultas hukum. Setelah diberitahu prestasi andi yang kurang tersebut, ayahnya
memberikan hukuman kepada andi. Dari kasus diatas analisa menggunakan prosedur
diagnosa kesulitan belajar agar andi dapat dibantu.
Penyelesaian
:
1. Mengidentifikasi
siswa atau mahasiswa yang diduga mengalami kesulitan belajar.
Andi mengalami
kesulitan belajar dalam pelajaran matematika
Mengenai kebiasaan
belajarnya dikelas andi sering melamun sehingga guru sering kali mengingatkan
agar ia lebih memperhatikan pelajaran yang dihadapi. Tingkah laku andi secara
umum memuaskan, selain itu juga karena ayah andi ingin andi mndapatkan prestasi
yang baik, maka andi merasa tertekan,
kurangnya motivasi dari
orang tua dan perhatian, maka andi
sering bersikap melamun terutama pada saat pembelajaran berlangsung sehingga
andi sering mengalami kesulitan dalam belajar, selain itu juga hubungan sosial di
dalam keluarga andi kurang begitu baik terutama di dalam komunikasi di dalam
keluarga.
2. Melokalisasi
letak kesulitan belajar
Kesulitan belajar yang
di hadapi andi di dalam bidang pelajaran
·
Bidang
studi :
Matematika, Bahasa inggris dalam aspek membaca
dan pebendaharaan kata
kurang baik atau masih lemah, tetapi dalam Pelajaran olahraga cukup baik tetapi kurang agresif.
·
Aspek
tujuan pembelajaran :
Pada mata pelajaran biologi dan sejarah sudah mencapai tujun tetapi
dalam mata pelajaran matimatika dan bahasa inggris belum mencapai tujuan
pembelajaran.
·
Aspek
materi atau bahan ajar :
materi atau bahan ajar yang di
sampaikan guru kurang menarik sehingga andi melamun didalam kelas.
·
Aspek segi proses pembelajara
kurang baik karena dilihat dari
materi atau bahan ajarnya kurang menarik sehingga saat proses pembelajaran andi
melamun.
3. Mengidentifikasi
faktor-faktor penyebab kesulitan belajar.
Faktor kesulitan
belajar yang di hadapi oleh andi adalah:
1. Faktor
internal :
1. Kurangnya
minat
2. Kurangnya
motivasi
3. Kurangnya
keingintahuan
4. Tidak
memiliki pengetahuan dasar ( berhitung dan membaca)
2. Faktor
eksternal :
1. Lingkungan
keluarga
·
Kurangnya motivasi dari orang tua,
·
Kurangnya
perhatian dari orang tua,
·
Kurangnya
komunikasi
dari keluarga,
·
Adanya
hukuman dari ayah.
4.
Memperkirakan alternatif pertolongan
Kesulitan belajar andi ini
masih bisa ditolong, dengan cara:
§
Teknik
-
Wawancara,
-
Musyawarah,
-
Bimbingan,
-
Belajar
kelompok
§
Kapan
dan dimana teknik dilakukan:
-
Wawancara
dilakukan pada hari selasa pukul 09.30-10.00
-
musyawarah
dilakukan pada hari rabu pukul
09.00-selesai
-
Bimbingan
dilakukan Saat proses pembelajaran berlangsung,
hari kamis pukul 07.15-08.45
-
Belajar
kelompok dilakukan setelah pulang sekolah pukul 14.00-selesai
§
Siapa
saja yang terlibat
-
Andi
-
Orang
tua
-
Guru
-
Teman
sekelas andi
§
Berapa
lama
-
Teknik-teknik
tersebut dilakukan selama 1 bulan
5. Menetapkan
kemungkinan
teknik mengatasi kesulitan belajar
Menurut Kami teknik Yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang
dihadapi andi adalah dengan Wawancara, Musyawarah, Bimbingan, Belajar kelompok,
sehingga dengan teknik tersebut kami dapat mengatasi permasalahan andi.
6.
Pelaksanaan pemberian pertolongan
1. Guru
memberikan penjelasan kepada orang tua andi, supaya orang tua tidak memberikan
hukuman kepada andi.
2. Guru
memberikan motivasi dan kasih sayang yang lebih kepada andi agar andi tidak
melamun didalam kelas
3. Guru
mengubah metode pembelajaran dengan semenarik mungkin sehingga lebih merangsang
motivasi siswa dalam kelas.
4. Guru
menyarankan kepada teman-teman andi agar lebih memperhatikan dan memotifasi
andi.
5. Membuat
strategi pembelajaran yang menuntut kerja kelompok atau memberikan tugas
dirumah yang harus dikerjakan secara berkelompok
0 komentar:
Posting Komentar