hai... blogger | Members area : Register | Sign in

ingin blog anda dapat iklan KLIK GAMBAR DIBAWAH INI !!!

Online Job for All. Work from home computer.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : Ma Maarif 06 Seputih Raman
Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas / Semester        : XI (Sebelas)/ 1
Alokasi Waktu           : 2  X 45 Menit

A.    Standar Kompetensi :            
Ø   Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan
B.    Kompetensi Dasar    :
Ø  Mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan.
C.    Tujuan                        :     
Ø  Siswa mampu menjelaskan perbedaan sel mati dan sel hidup, sel hewan dan sel tumbuhan, serta sel prokariotik dan sel eukariotik.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Kerja keras, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab

D.    Materi Ajar
·         Struktur sel dan fungsi sel meliputi,
1.      Membran sel
2.      Sitoplasma
3.      Inti sel
·         Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan
·         Sel prokariotik dan sel eukariotik


E.     Metode Pembelajaran
Diskusi, penugasan

F.     Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 jam pelajaran)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
Guru menanyakan kembali perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan
  • Karakter siswa yang diharapkan .  Jujur, Komunikatif
B.     Kegiatan Inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·        Guru menunjukkan gambar sel-sel gabus dan sel hewan/sel tumbuhan. . (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu)
·        Siswa diminta membedakan sel hewan/sel tumbuhan dengan sel gabus. Siswa diminta memberi nama bagian-bagian sel hewan dan tumbuhan dan fungsinya. . (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Rasa ingin tahu, Komunikatif)
·        Guru menunjukkan gambar sel bakteri. . (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu)
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·        Siswa diminta membedakan struktur sel hewan/sel tumbuhan dengan sel bakteri. . (nilai yang ditanamkan:Kerja keras, Rasa ingin tahu)
·        Siswa menyimpulkan perbedaan sel eukariotik dan sel prokariotik. . (nilai yang ditanamkan: jujur.)

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·        Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui . (nilai yang ditanamkan: tanggung jawab)
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. . (nilai yang ditanamkan: Tanggung Jawab,komunikatif.)
C.    Kegiatan Akhir (10 menit)
·        Siswa bersama guru menyimpulkan perbedaan sel hidup dan sel mati, sel hewan dan sel tumbuhan, serta sel eukariotik dan sel prokariotik. . (nilai yang ditanamkan: jujur, rasa ingin tahu.)
G.    Alat/Bahan/Sumber
a)      Alat dan bahan : spidol, papan tulis,torso
b)                                                                                     Sumber     : - Khristiyono.2010. Buku Kerja Biologi 2A.Jakrta.Esis
-  Dyah Aryulina.2007.Biologi XI.jakarta. Esis

H.    Penilaian
·         Jenis  tagihan                :  tertulis
·         Bentuk tagihan            :  essay
·        

 
Soal                             :   

      1.            apa yang dimaksut dengan sel? Jelaskan ! (10 point) 
      2.             Sebutkan bagian – bagian dari sel tumbuhan ? 5 saja ! (10 point)

Jawaban :
      1.            Sel adalah unit terkecil penyusun tubuh yang fungsional.
      2.            Bagian sel tumbuhan yaitu kloroplas.dinding sel, vakuola,inti sel,nukleololus.



                                                                                    Metro,   Oktober  2012
    Mengetahui
Kepala sekolah                                                                  Guru mata pelajaran
                       
......................................                                                     …..…………………...
NIP:                                                                                    NIP :

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger.....