RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : Ma
Maarif 06 Seputih Raman
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas / Semester : XI (Sebelas)/ 1
Alokasi Waktu : 2 X 45
Menit
A.
Standar Kompetensi :
Ø Memahami
struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan
B.
Kompetensi Dasar :
Ø Mendeskripsikan komponen kimiawi sel,
struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan.
C.
Tujuan :
Ø Siswa mampu menjelaskan perbedaan sel mati
dan sel hidup, sel hewan dan sel tumbuhan, serta sel prokariotik dan sel
eukariotik.
Karakter siswa yang diharapkan
:
§ Jujur, Kerja keras,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab
D.
Materi Ajar
·
Struktur sel dan fungsi sel
meliputi,
1.
Membran sel
2.
Sitoplasma
3.
Inti sel
·
Perbedaan
sel hewan dan sel tumbuhan
·
Sel
prokariotik dan sel eukariotik
E.
Metode Pembelajaran
Diskusi, penugasan
F.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 jam pelajaran)
A.
Kegiatan awal (10 menit)
Guru menanyakan kembali perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan
- Karakter siswa yang diharapkan . Jujur, Komunikatif
B.
Kegiatan Inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·
Guru
menunjukkan gambar sel-sel gabus dan sel hewan/sel tumbuhan. . (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu)
·
Siswa
diminta membedakan sel hewan/sel tumbuhan dengan sel gabus. Siswa diminta memberi nama bagian-bagian
sel hewan dan tumbuhan dan fungsinya. . (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Rasa ingin
tahu, Komunikatif)
·
Guru
menunjukkan gambar sel bakteri. . (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu)
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Siswa
diminta membedakan struktur sel hewan/sel tumbuhan dengan sel bakteri. . (nilai yang ditanamkan:Kerja
keras, Rasa ingin tahu)
·
Siswa
menyimpulkan perbedaan sel eukariotik dan sel prokariotik. . (nilai
yang ditanamkan: jujur.)
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui . (nilai yang ditanamkan: tanggung jawab)
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. . (nilai yang
ditanamkan: Tanggung Jawab,komunikatif.)
C.
Kegiatan Akhir (10 menit)
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan perbedaan sel hidup dan sel mati, sel hewan dan sel
tumbuhan, serta sel eukariotik dan sel prokariotik. . (nilai
yang ditanamkan: jujur, rasa ingin tahu.)
G.
Alat/Bahan/Sumber
a)
Alat dan bahan : spidol, papan tulis,torso
b)
Sumber
: - Khristiyono.2010. Buku
Kerja Biologi 2A.Jakrta.Esis
- Dyah Aryulina.2007.Biologi XI.jakarta. Esis
H.
Penilaian
·
Jenis tagihan :
tertulis
·
Bentuk tagihan :
essay
·
|
1.
apa yang dimaksut dengan sel? Jelaskan
! (10 point)
2.
Sebutkan bagian – bagian dari sel tumbuhan ? 5
saja ! (10 point)
Jawaban :
1.
Sel adalah unit terkecil
penyusun tubuh yang fungsional.
2.
Bagian sel tumbuhan yaitu
kloroplas.dinding sel, vakuola,inti sel,nukleololus.
Metro, Oktober
2012
Mengetahui
Kepala sekolah
Guru mata pelajaran
...................................... …..…………………...
NIP: NIP
:
0 komentar:
Posting Komentar