hai... blogger | Members area : Register | Sign in

ingin blog anda dapat iklan KLIK GAMBAR DIBAWAH INI !!!

Online Job for All. Work from home computer.

tinjauan pustaka / dasar teori pengamatan ikan mas



BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

Menurut Hickman (2005:142) “ Cyprinus carpio merupakan ikan air tawar bertulang belakang yang hidup didanau dan sungai-sungai di cina dan jepang, cyprinus carpio merupakan anggota kelas osteichthyes . umumnya bentuk ikan ini langsing dan sisiknya berwarna keperakan ,terdapat sirip punggung tunggal yang terletak pada pertengahan badan dan suatu sirip ekor yang bercabang. Rahangnya tidak bergerigi tapi terdapat suatu pinggiran tanduk yang berfungsi sebagai alat penghisap, disudut mulut terdapat satu atau dua pasang misaim pendek, ikan ini mengunyah makanan berupa serangga dan tumbuhan dengan sepasang gigi di tenggorokan yaitu faring.”
Menurut Sukiya (2001:9) menyatakan bahwa “ umumnya struktur alat gera pada cyprinus carpio lebih rumit bagian depan lebih rumit daripada balakang, alat gerak pada ikan berupa sirip. Tulang bagian ventral dari pusat sirip ikan disebut korakoid, sedangkan yang memanjang kea rah dorsal dibagian tepi sirip disebut scapula. Tulang gigi berasal dari dermal. Sirip pada ikan pari merupakan modifikasi dari beberapa tulang gigi yang hilang.”
Menurut Amonline (2008:online) menyatakan bahwa “ Tipe sisik sikloid dan stenoid banyak ditemukan pada ikan bertulang keras , bagian anterior pada setiap sisik biasanya biasanya bertumpuk oleh bagian posterior dari sisik depan, susunan ini menyebabkan ikan lebih fleksibell daripada ikan yang memiliki tipe sisik ganoid dan kosmoid, sisik sikloid memiliki tepi posterior yang halus, namun tidak memiliki stenii . sikloid berasal dari kata “cycla” yang berarti lingkaran, sisik sikloid dan stenoid memiliki dua bagian utama , yaitu lapisan bertulang, yang terdiri dari kerangka organic yang terdiri dari kebanyakan kalsium dan garam serta lapisan karat yang lebih dalam yang tersusun atas kolagen “
Menurut sukiyo ( 2005 : 24) menyatakan bahwa “ insang merupakan ciri system pernafasan pada ikan. Secara embriologis , celah insang tumbuh sebagai hasil dari serentetan evaginasi farink yang tumbuh keluar dan bertemu dengan invaginasi dari luar. Setiap kali mulut dibuka maka air dari luar akan masuk menuju farink kemudian keluar lagi melewati celah insang .peristiwa tersebut melibatkan kartilago sebagai penyokong filament insang. Setiap filament atau holobrankia, terpisah menjadi dua bagian yang disebut hemibrankia.



Amonline.2008.fish anatomy. http:/www.amline.net.au/fishes pada tanggal 2 november 2011
Hickman.2003.animal divercity.mcgraw-hill companies:north America
Sukiya.2005.zoologi vertebrata.UGM:Yogyakarta
Jasin.1991.zoologi vertebrata.penerbit sinar wijaya:Surabaya.

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger.....